Apa saja keterkaitan ilmu komputer dengan ilmu fisika?
Keterkaitan Ilmu Komputer dengan Ilmu Fisika via |
Menurut saya, Keterkaitan Ilmu Komputer dengan Ilmu Fisika meliputi
beberapa contoh seperti dibawah ini:
1. Komputer
dapat digunakan untuk menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi
nyata melalui visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi).
Melalui animasi dapat dibuat suatu konsep yang lebih menarik sehingga menambah
motivasi untuk mempelajari fisika.
2. Perangkat
Lunak Untuk Membantu Pekerjaan Komputerisasi Fisika
Dari latar belakang tersebut berkembanglah perangkat lunak untuk membantu pekerjaan komputasi fisika diantaranya mulai dari yang open source sampai yang berbayar adalah :
The Open Source Physics (OSP)
Projet yang didanai oleh dana riset untuk mengembangkan suatu pustaka Java berupa framework simulasi untuk module pengajaran fisika yang meliputi material pengajaran mulai dari fisika klasik,fisika statistik,kuantum mekani dan fisika komputasi.
http://www.opensourcephysics.org/
Matlab adalah suatu solusi ideal yang banyak dipakai. mempunyai lingkungan yang mudah untuk mengimplementasikan metode komputasi yang dipelajasi di kelas dan sedikit pengetahuan tentang programing.
http://www.mathworks.com/products/matlab/
LabVIEW adalah memcoba mengenalkan kemampuan programing ke dalam penelitian dan pengenalan fisika modren,optik dan fisika klasik.
http://www.ni.com/labview/
dan lain sebagainya.
3.
Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Sebagai
media pembelajaran berbasis computer, komputer mempunyai fungsi sebagai :
a.
Media Presentasi Pembelajaran (MPP)
MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Media ini berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. Dalam penggunaannya diperlukan improvisasi dari guru dalam transformasi materi ke siswa. Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP.
MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Media ini berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. Dalam penggunaannya diperlukan improvisasi dari guru dalam transformasi materi ke siswa. Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP.
b. VCD Media Pembelajaran (VMP)
VMP adalah materi pelajaran yang dikemas secara audio-visual yang merupakan hasil proses kreatif (shooting)
c. Software Pembelajaran Mandiri (SPM)
SPM
adalah bahan belajar yang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran
secara mandiri sehingga peran guru tidak dominan. Dalam media ini kedalaman
materi dan interaktivitas media diharapkan mampu memunculkan Stimulus dan
respon siswa Dari berbagai pendapat tentang arti media pembelajaran, dapat
disimpulkan bahwa pada dasarnya adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan
dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa
dalam proses pembelajaran.
Dengan
kata lain, media pendidikan adalah perangkat lunak (software) dan atau
perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat belajar atau alat bantu belajar.
Kegunaan utama komputer adalah untuk simulasi, penanganan data, teknologi informasi dan pengolahan
kata. Melalui pemrograman, komputer mampu mem-visualisasikan materi-materi
pelajaran yang sulit untuk disajikan, terutama mengenai fenomena fisis yang
bersifat abstrak, misalnya gerak parabola, penjalaran gelombang, gerak lurus
beraturan, gerak melingkar beraturan, arus listrik, medan magnet, medan
listrik, peristiwa elektrolisis dan sebagainya.
Pengajaran fisika berbantuan komputer dapat dibuat
lebih menarik lagi dengan menggunakan program adobe flash, Microsoft office
excel, photoshop, corelDRAW yang kemudian dipadukan dalam program powerpoint.
Program-program ini yang dapat memberi kesan gambar tiga dimensi, warna yang
lebih tajam, animasi dan simulasi yang dipadukan dengan teks dan suara.
Sehingga gejala-gejala
fisis dapat ditampilkan dengan lebih menarik dan berkesan. Penggunaan komputer
ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk menyusun dan mengembangkan
bahan ajar yang menarik, inovatif dan merangsang serta menantang rasa ingin
tahu siswa yang kemudian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.keywords : keterkaitan ilmu komputer dengan ilmu fisika , ilmu komputer dengan ilmu fisika , komputer fisika , hubungan komputer dan fisika